logo
  • phone (0656) 21013
  • E-mail -
  • address JL. T.Ben Mahmud, No.86 A
  • Opening Hours -

BLUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Yuliddin Away, Tapaktuan resmi memiliki unit cuci darah atau Heamodalisa dan CT Scan
setelah pengguntingan pita dilakukan oleh Bupati Aceh Selatan, H.T Sama Indra, SH, Selasa (31/10/2017) di rumah sakit setempat.

Direktur RSUD Yuliddin Away, dr. Faisal Sp. An, mengatakan alat cuci darah itu nantinya akan mendukung pencucian darah pasien gagal ginjal.

?Selama ini kita merujuk pasien cuci darah ke rumah sakit Abdya dikarenakan belum tersedia peralatan untuk pelaksanaan cuci darah, dan sekarang mulai hari ini RSUD Yuliddin Away sudah bisa melayani pasien cuci darah akibat gagal ginjal,? ungkap Faisal.

Untuk unit CT Scan, menurut Faisal alat tersebut digunakan untuk membantu dokter dalam mendeteksi gangguan yang terjadi di otak maupun penyakit yang ada di dalam tubuh.

Semetara itu, bupati dalam sambutannya mengatakan, keberadaan unit cuci darah diharapkan mampu menunjang pelayanan dan peningkatan kesehatan kepada msyarakat Aceh Selatan.

?Kedepannya masyarakat Kabupaten Aceh Selatan tidak perlu lagi ke rumah sakit Korea Abdya untuk pelaksanaan cuci darah,? kata Bupati.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyinggung soal pembangunan rumah sakit yang dikerjakan oleh PT. Araz Mulia Mandiri, dia menuturkan nantinya RSUD Yulidin Away akan jadi yang termegah di Barat Selatan, karena memiliki enam lantai.

?Pembangunan rumah sakit ini juga merupakan proyek raksasa yang ada di Aceh Selatan, proyek pembangunan rumah sakit ini mencapai 400 miliar dan ditargetka tahun 2020 sudah selesai,? tambahnya.

Lebih lanjut, kedepan di Rumah Sakit milik daerah itu akan dicanangkan kegiatan magrib mengaji, dan pelaksanaanya dilakukan setiap menjelang magrib.

?Harapan kami kedepan agar dirumah sakit ini dibuat adanya suatu kegiatan mengaji, pada saat menjelang magrib untuk menenangkan dan menyejukkan hati para pasienn,?demikian Sama Indra.

Selain bupati, hadir dalam peresmian tersebut, Sekdakab Aceh Selatan Nasjuddin, SH, MM, Asisten III, Said Azhar, Kepala BPJS cabang Tapaktuan, Kepala Bank BPD cabang Tapaktuan, Anggota DPRK Aceh Selatan Rustaman, Para SKPK, dokter dan para staf RSUD Yuliddin Away.